vissitor

Flag Counter

Rabu, 16 November 2016

Pengertian dan Jenis Bencana Alam


Pengertian dan Jenis Bencana Alam


Bencana Alam

Bencana Alam apa pun bentuknya pastilah sangat merugikan untuk kita. Dengan perkembangan teknologi saat ini, manusia sudah bisa memprediksi terjadinya suatu bencana. Namun manusia tidak akan bisa menghentikan bencana tersebut. Manusia mungkin bisa memperkecil adanya korban jiwa, tetap saja akan mengalami suatu kerugian besar.
Kita sebagai manusia cuma dapat menghindari, namun tidak bisa menghentikan terjadinya bencana alam, sekuat apa pun manusia itu. Allah SWT Maha Tahu, bila Dia berkehendak menurunkan suatu bencana maka bencana itu akan terjadi. Itu adalah Kuasa-Nya serta hal semacam itu tidak dapat di tolak. Allah SWT menurunkan suatu bencana tentunya mempunyai maksud tertentu, dapat pula menjadi sebuah peringatan kepada manusia untuk menjaga alam ini agar tidak rusak.

Pengertian Bencana Alam

Bencana yaitu peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan serta penghidupan orang-orang yang diakibatkan oleh faktor alam dan/atau faktor manusia sehingga menyebabkan munculnya korban jiwa, rusaknya lingkungan, kerugian harta benda serta efek psikologis.
Bencana alam merupakan bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa alam. Bencana alam adalah konsukuensi untuk keterlibatan manusia pada pengrusakan alam yang ada. Minimal dengan mengawali untuk menjaga alam sekitar, tidak buang sampah sembarangan, tidak membakar hutan dan tidak melakukan hal-hal lain yang menyebabkan rusaknya lingkungan.

Jenis-jenis Bencana Alam

Bencana alam ada banyak sekali jenisnya, namun secara umum dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu bencana alam geologi, bencana alam, meteorologi, dan bencana alam ekstra-terestial. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Bencana alam geologi

Bencana alam geologi adalah bencana alam yang terjadi di permukaan bumi seperti tsunami, gempa bumi, gunung meletus, dan tanah longsor. Contoh bencana alam geologi paling umum adalah gempa bumi, tsunami, gunung meletus dan tanah longsor.

2. Bencana alam meteorologi

Bencana alam meteorologi/hidrometeorologi merupakan bencana alam yang berhubungan dengan iklim. Bencana alam ini umumnya tidak terjadi pada suatu tempat yang khusus. Bencana alam bersifat meteorologis paling banyak terjadi diseluruh dunia seperti banjir dan kekeringan. Kekhawatiran terbesar pada masa modernisasi sekarang ini adalah terjadinya pemanasan global.

3. Bencana alam ekstra-terestial

Bencana alam ekstra-terestial merupakan bencana alam yang terjadi di luar angkasa. Bencana dari luar angkasa adalah datangnya berbagai benda langit seperti asteroid atau gangguan badai matahari. Meskipun dampaknya berukuran kecil tidak berpengaruh besar, asteroid kecil tersebut berjumlah sangat banyak sehingga bisa menimbulkan untuk menabrak bumi.

 sumber : http://masirul.com/pengertian-macam-macam-bencana-alam/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

cursor petir

Lightning Cloud
Diberdayakan oleh Blogger.